Sunscreen dan Kandungannya yang sebaiknya kita hindari

 

Sunscreen salah satu pelindung wajah. Sumber: pixabay

Sunscreen atau tabir surya adalah produk topikal yang dioleskan pada kulit untuk melindunginya dari sinar ultraviolet (UV) matahari. 

Ada dua jenis utama tabir surya, yaitu kimia dan fisik. Tabir surya kimia menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sedangkan tabir surya fisik menciptakan penghalang pada kulit untuk menghalangi sinar UV. Kedua jenis tabir surya ini dirancang untuk mencegah kulit terbakar dan mengurangi risiko kanker kulit serta penuaan dini. 

Tabir surya biasanya dioleskan ke kulit 15-30 menit sebelum keluar rumah, dan harus dioleskan kembali setiap dua jam atau setelah berenang atau berkeringat.


Hindari bahan berikut

Meski demikian, beberapa bahan kimia umum yang ditemukan dalam tabir surya, mungkin berbahaya bagi tubuh. Bahan tersebut antara lain oxybenzone, avobenzone, octocrylene, dan homosalate

  1. Oxybenzone*3) dan avobenzone*2)

keduanya dikenal sebagai pengganggu endokrin, artinya dapat mengganggu hormon alami tubuh. 

  1. Octocrylene*1)

telah dikaitkan dengan iritasi kulit, dan homosalate dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu, semua bahan kimia ini dapat diserap melalui kulit, dan berpotensi menyebabkan efek kesehatan yang merugikan dari waktu ke waktu.

  1. Homosalate*4)

Bahan kimia ini telah terbukti menyebabkan gangguan hormonal, yang dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. Secara khusus, homosalate telah terbukti bertindak sebagai pengganggu estrogen, yang berarti dapat mengganggu produksi estrogen alami tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah reproduksi, seperti kemandulan dan pubertas dini. Selain itu, homosalate telah dikaitkan dengan alergi dan iritasi kulit.


Sumber: 

  1. Berardesca, E.; Zuberbier, T; Viera, M.S.; dan Marinovich, M. 2019. Review of the safety of octocrylene used as an ultraviolet filter in cosmetics. J Eur Acad Dermatol Venereol

  2. Gholap, A.D.; Sayyad, S. F.; Hatvate, N.T.; Dhumal, V.V.; Pardeshi, S.R.;  Chavda, V.P.; dan Vora, L.K. 2023. Drug Delivery Strategies for Avobenzone: A Case Study of Photostabilization.Pharmaceutics 15(3), 1008

  3. Mirsky, Rachel S; Prado, G; Svoboda, R.M.; dan Rigel, D.S. 2018. Oxybenzone dan Tabir Surya: Tinjauan Kritis Bukti dan Rencana Diskusi dengan Pasien. Jurnal Kedokteran Kulit 2(5)

  4. Suh, S.; Pham, C.; Smith, J.; dan Mesinkovska, N.A. 2020. The Banned Sunscreen Ingredients and Their Impact on Human Health: A Systematic Review. Int J Dermatol

Komentar

Postingan Populer