Kulit Glowing dan Badan Langsing dengan Kue Tradisional

Klepon salah satu makanan tradisional. Sumber: wikimedia common

Diet merupakan salah satu hal terhangat yang terus dibicarakan oleh umat manusia, terutama kaum hawa. Hal ini karena makanan itu sendiri tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Dan makanan itulah yang menyebabkan badan kita kadang tumbuh tidak sesuai dengan harapan kita. Kadang ideal, kadang kurus, dan kadang juga gemuk.

Lebih dari itu, menyantap makanan merupakan sesuatu yang kompleks. Tidak hanya sekedar memasukkan makanan dan nutrisi ke dalam mulut dan tubuh. 

Menyantap suatu jenis makanan juga berkaitan dengan selera, estetika, dan bahkan menunjukkan gaya hidup seseorang. Semakin menarik tampilan makanan seseorang akan semakin menunjukkan status seseorang.

Menyantap kue-kue dari negeri Barat misalnya, dianggap lebih berkelas daripada kue tradisional Indonesia. Hal ini karena: pertama kue-kue tersebut seringkali lebih mahal karena mengandung bahan-bahan yang memang harganya lebih mahal seperti butter, telur, dan coklat. Kedua, kue-kue dari negeri barat biasanya disajikan dan didekorasi lebih menarik daripada kue tradisional Indonesia. Ketiga, kue-kue dari barat biasanya menunjukkan sesuatu yang dianggap lebih modern daripada kue tradisional Indonesia.

Tapi di luar itu semua, ternyata kue tradisional Indonesia lebih bisa membuat kulit glowing dan badan langsing lho, yuk simak!

Kulit glowing dan badan langsing dengan kue tradisional Indonesia 

  1. Tidak berbahan dasar terigu

Terigu mengandung gluten, Indeks glikemik (Glicemic Index, GI) tinggi, dan pati tidak larut air yang lebih rendah.

Gluten dapat menyebabkan beberapa masalah bagi orang yang kesulitan mencerna gluten.

GI adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat gula darah meningkat setelah mengonsumsi suatu makanan. Makanan dengan GI rendah akan dicerna oleh tubuh lebih lambat, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. 

Sebaliknya, makanan dengan GI tinggi akan menyebabkan gula darah meningkat dengan drastis. 

Pati tidak larut air dapat membantu melancarkan pencernaan

  1. Berbahan dasar tepung beras

Tepung beras dianggap lebih sehat daripada tepung terigu karena pertama bebas gluten, kedua memiliki kandungan serat yang tinggi dan kadar karbohidrat yang rendah yang ini cocok untuk orang yang diet rendah karbohidrat, ketiga kaya akan mineral seperti mangan, magnesium, dan fosfor yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi peradangan, keempat banyak mengandung vitamin seperti B3 dan B6 yang merupakan sumber energi dan meningkatkan kesehatan kulit. 

  1. Berbahan dasar tepung ketan

Tepung ketan juga dianggap lebih sehat daripada terigu karena pertama memiliki GI yang lebih rendah. Kedua memiliki sumber pati resisten.  Pati resisten merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna di usus kecil dan mengalami fermentasi di usus besar, yang ini dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Kue-ku, salah satu makanan dari ketan. Sumber: pixabay 

  1. Berbahan dasar tapioka

Tapioka juga dianggap lebih sehat daripada terigu, hal ini karena pertama bebas gluten, kedua GI yang lebih rendah,  ketiga memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin C yang lebih tinggi, keempat memiliki kalori yang lebih rendah sehingga cocok untuk menjaga berat badan.

Cenil salah satu kue dari tapioka. Sumber: Wikimedia common

  1. Berbahan dasar umbi-umbian

Bahan ini juga dianggap lebih sehat daripada terigu karena pertama bebas gluten, memiliki kadar pati resisten yang lebih tinggi, ketiga sumber serat, vitamin, dan mineral, keempat rendah lemak dan kalori yang merupakan pilihan yang tepat bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kelima mengandung zat anti peradangan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. 

  1. Proses pembuatannya minimal

Kue tradisional biasanya hanya direbus (contoh: cenil, klepon), dikukus (contoh: kue-ku), atau dipanggang tanpa minyak (contoh: serabi), ini menyebabkan kadar nutrisi pada makanan tersebut tidak akan terlalu banyak yang hilang dan rusak.

  1. Menggunakan bahan alami dan minimal

Contoh menggunakan daun suji.

Komentar

Postingan Populer