Frugal Living Belanja Make-up bagi Pemula, Wajib Dicoba!

 

Frugal Living juga bisa diterapkan ketika kita beli make-up lho, dicoba yuk! Sumber: pixabay


Make-up seringkali hanya dianggap sebagai cara untuk meningkatkan penampilan. Lebih dari itu Make-up sebenarnya punya banyak manfaat lain. Manfaat tersebut antara lain: 

  1. Make-up dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri

  2. Menggunakan make-up juga membuat orang lebih merasa siap untuk menghadapi hari.

  3. Make-up Juga dapat menunjukkan kreativitas dan kekhasan seseorang

  4. Banyak orang juga menikmati proses pemakaian make-up, ini membawa kebahagiaan tersendiri

  5. Lebih dari itu make-up jaga dapat digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan tekanan dari lingkungan

Meski meski demikian dari pengalaman saya pribadi, belanja make-up seringkali membuat rugi. Hal ini karena kadang ada make-up yang tidak terpakai sama sekali, ada make-up yang hanya dipakai sedikit sehingga sisa banyak dan kadaluarsa, atau ada make-up yang sering dipakai tetapi tetap tidak habis sampai kadaluarsa. Nah ini tentu saja tidak sesuai dengan prinsip hidup frugal living.

Gimana sih biar kita tetap tampil trendi dengan make-up tapi juga tetap bisa menerapkan frugal living?

  1. Beli kemasan make up sachet/sample.

Saya sendiri sangat suka membeli jenis-jenis make-up seperti ini. Selain bisa membeli produk yang kualitasnya bagus, saya juga tidak merasa sayang jika ada sisa, juga tidak merasa sayang jika tidak cocok. Hal ini karena make-up tersebut biasanya harganya lebih murah dibanding kemasan utuhnya.

  1. Beli make-up yang multi fungsi

Contohnya beli cream blush yang bisa sekalian digunakan untuk lip tint juga bisa digunakan untuk eyeshadow

Atau beli bronzer yang sekaligus juga bisa digunakan sebagai contour

  1. Coba beli make-up drugstore daripada make-up bermerek mahal

Make-up drugstore merupakan rangkaian produk kecantikan yang dapat ditemukan di department store, supermarket hingga apotek. Biasanya, produk makeup ini hadir dalam harga yang sangat terjangkau serta mudah untuk diperoleh. Produk make-up drugstore ini biasanya memiliki kualitas yang tidak terlalu jauh kok, jika dibandingkan dengan make-up yang mahal

  1. Hindari membeli peoduk make-up yang terlalu banyak

Kebutuhan make-up tiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, buatlah daftar make-up yang benar-benar dibutuhkan sebelum membeli make-up 

  1. Jika bingung, beli make-up dasar yang paling sering dibutuhkan

Contoh:

Foundation atau tinted moisturizer yang berfungsi untuk meratakan warna kulit.

Concealer untuk menyembunyikan kemerahan atau lingkar hitam pada mata

Eyeliner, maskara, dan eyeshadow warna netral untuk meningkatkan penampilan mata. 

Lip balm atau tinted lip gloss untuk mewarnai dan membuat bibir tampak lebih berkilau

  1. Gunakan make-up dengan cara yang baik agar bisa dijual kembali

Jika kita sudah berusaha mencari make-up sachet atau versi drugstore tetapi tidak cocok di kulit dan kita harus membeli versi yang besar dan mahal, maka gunakanlah make-up tersebut dengan cara yang baik dan tetap menjaga kehigienisan make-up tersebut agar bisa dijual kembali.

Jika saya membeli make-up namun tidak yakin akan cocok di kulit saya, maka setiap kali saya menggunakannya, saya akan menggunakan cotton bud baru, jadi saya berharap make-up tersebut tetap higienis dan make-up tersebut dapat dijual kembali tanpa merugikan pembeli.

  1. Beli make-up preloved dari orang yang dikenal atau preloved yang belum dibuka

Kebalikannya jika kita butuh make-up tertentu yang kita belum punya, kita bisa coba pakai punya teman dulu, atau beli sisa punya teman yang kita kenal, atau beli preloved dari orang yang tidak kita kenal asal ada keterangan penggunaannya higienis atau make-up tersebut belum dibuka dan belum pernah digunakan.


Nah itulah program ibu untuk memberi make up, kita tetap bisa cantik, tapi juga tetap bisa hemat. Salam cantik dan hemat



Komentar

Postingan Populer