Scrub Wajah Alami, Fisik dan Kimia

Gula termasuk contoh scrub wajah alami. Sumber: pixabay 

Scrub wajah adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori. Scrub wajah biasanya mengandung partikel kecil yang berfungsi untuk mengelupaskan sel kulit mati, sedangkan bahan lain seperti minyak dan ekstrak membantu melembabkan dan menutrisi kulit. Scrub wajah biasanya dioleskan pada kulit yang lembap, dipijat lembut ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu dibilas dengan air. Beberapa scrub wajah diformulasikan untuk jenis atau masalah kulit tertentu, seperti jerawat, kulit kering, atau kulit yang menua.


Scrub wajah alami adalah produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan alami yang digunakan untuk pengelupasan dan pembersihan kulit. Scrub ini ada dua jenis, yaitu fisik dan kimia.


Scrub wajah fisik alami

Bahan umum dalam scrub wajah alami antara lain:

  1. bubuk kopi, 

  2. gula, 

  3. garam, 

bahan-bahan tersebut selanjutnya dapat dicampur dengan madu, minyak zaitun, dan minyak esensial. 

Madu memberi nutrisi pada kulit. Sumber: pixabay

Bahan-bahan ini bekerja sama untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut, meningkatkan sirkulasi, dan membuka pori-pori yang tersumbat. Scrub wajah alami dapat disesuaikan untuk semua jenis kulit, dan sering kali lebih disukai daripada scrub berbahan kimia karena sifatnya yang lembut. 


Scrub wajah kimia alami

Ada berbagai macam bahan kimia alami yang bisa digunakan untuk membuat scrub wajah alami. Beberapa contoh umum termasuk asam sitrat, asam laktat, asam malat, dan asam glikolat. 

  1. Asam sitrat berasal dari buah jenis jeruk dan merupakan eksfoliant lembut yang dapat membantu mencerahkan kulit. Contoh: lemon 

caranya: iris lemon, peras airnya ke dalam mangkuk, tambahkan duendok makan air, oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan pijat dengan lembut menggunakan gerakan memutar. Bilas dengan air.

Lemon. Sumber: pixabay 

  1. Asam laktat ditemukan dalam produk fermentasi susu dan merupakan asam ringan yang membantu melembabkan dan melembutkan kulit, contoh yogurt

caranya: bersihkan wajah dengan air, keringkan, oleskan selapis tipis yogurt polos tanpa pemanis ke wajah, pijat perlahan yogurt ke kulit Anda dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, lalu bilas dengan lagi dengan air. 

Yogurt murni. Sumber: pixabay

  1. Asam malat berasal dari apel dan memiliki sifat antibakteri dan pengelupasan.

caranya: potong apel menjadi potongan-potongan kecil dan masukkan ke dalam blender, oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air.

Apel. Sumber: pixabay



Komentar

Postingan Populer