Body Goals tanpa Stress, Yuk praktikkan!

Body goals jadi trending akhir-akhir ini. Sumber: pixabay


Kata body goals menjadi populer akhir-akhir ini. Body goals sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang berhasil membentuk tubuh sesuai dengan keinginannya. 

Biasanya ini termasuk keinginan yang berupa penurunan berat badan, pembentukan otot tubuh, atau justru kenaikan berat badan agar sesuai dengan keinginannya.

Di media massa seperti di Instagram, akhir-akhir ini orang gemar memamerkan body goals-nya baik untuk sekedar pamer ataupun untuk memberi inspirasi orang lain agar melakukan hal yang sama dengannya.

Meski demikian, sangat penting untuk diingat bahwa kondisi badan setiap orang berbeda-beda. Yang terpenting adalah fokus untuk membentuk badan sesuai ciri khas badan kita dan mencari aktivitas yang tepat, sehingga kita bisa rutin melakukannya, dan kita juga merasa senang, tidak stress.

Berikut tips untuk mendapatkan body goals tanpa merasa stress

  1. Makan secara adil

Alih-alih cuma fokus pada makanan yang bergizi, berusahalah adil kepada tubuh kita. Jadi jika tubuh kita sudah cukup asupan nutrisinya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, jangan merasa bersalah jika kita ingin mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang bergizi yang biasanya memang rasanya lebih enak, tetapi kandungan kalorinya tinggi. Contohnya kerupuk, keripik, kue, dan sebagainya.

Namun saya tekankan di sini, jangan juga hanya memberi tubuh kita dengan makanan yang kurang bergizi dan full energi.

Bersikaplah adil pada keinginan tubuh kita. Sumber: pixabay 


  1. Beraktivitas

Di masyarakat secara umum, apalagi di area pedesaan, banyak orang yang tetap memiliki berat badan seimbang meskipun dia tidak pergi ke gym atau olahraga secara teratur. 

Saya tidak mengatakan bahwa ke gym atau olahraga secara teratur itu tidak baik, hanya kadang itu memberatkan kita. Apalagi kalau kita sibuk harus membagi waktu antara pekerjaan dan peran kita sebagai seorang wanita. Selain itu, bagi kita yang perekonomiannya belum sempurna, pergi ke gym juga akan menambah daftar pengeluaran kita.

Hal terbaik yang perlu kita lakukan adalah tetaplah beraktivitas. Jangan malas. Artinya jika pekerjaan kita setelah bekerja rutin di kantor adalah menyiram bunga, mencuci, menyapu, dan sebagainya, maka kerjakanlah aktivitas tersebut, jangan malas.

Nah jika sudah bisa melakukan ini, kita bisa menambah aktivitas lain, yang tetap menyenangkan dan tidak membuat stress, contoh melakukan yoga di rumah.

Melakukan yoga di rumah di waktu senggang bisa jadi pilihan. Sumber: pixabay 


  1. Dengarkan keinginan tubuh

Saya pernah mendengarkan percakapan seorang praktisi kesehatan, yang dia menyatakan bahwa, jika kita peka, sebenarnya Keinginan kita menunjukkan kebutuhan tubuh kita.

Contoh: jika kita ingin sate, kemungkinan tubuh kita perlu asupan protein hewani.

Jika kita ingin mangga atau buah-buahan, ada kemungkinan tubuh kita kekurangan vitamin.

Ketika kita ingin sayuran, kemungkinan tubuh kita kekurangan vitamin dan mineral yang berasal dari sayuran.

Jadi cobalah untuk dengarkan tubuh kita dan penuhi keinginan tersebut.

  1. Fokus pada hal lain

Alih-alih hanya fokus pada body goals  sebaiknya kita fokus pada hal lain. Contohnya, ketika kita terlalu kenyang maka akan menyebabkan kita ngantuk dan malas bergerak. Ini menyebabkan, pekerjaan kita tertunda dan semakin menumpuk.

Daripada terlalu banyak makan, lebih baik kita makan secukupnya tetapi bisa tetap bisa aktif bekerja.

  1. Temukan pelarian yang menyenangkan

Para cowok paling ahli menemukan pelarian, biasanya berupa rokok. Saya tidak meminta Anda untuk merokok, tapi carilah pelarian sejenis yang bisa mengalihkan pikiran kita dari makanan. 

Saya sendiri penyuka kopi, jadi ketika ada kondisi yang sedang tidak menyenangkan, ngantuk, atau tertekan karena sesuatu, saya lebih memilih membuat kopi daripada mencari camilan.

Nah, tapi ini semua butuh waktu ya. Tidak bisa tergesa-gesa. Meski demikian, hasilnya lebih permanen, daripada cara-cara menggapai body goals secara instan.

Komentar

Postingan Populer